dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan ELPSA setting
kooperatif efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa
kelas VIII SMP Al Manar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
penerapan ELPSA setting kooperatif dalam pembelajaran matematika pada siswa
SMP Al Manar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang
terdiri dari dua kelas yang berjumlah 50 siswa. instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes, wawancara, dokumentasi dan angket. Dan yang menjadi
sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 25 siswa
dan VII.B yang berjumlah 25 siswa. tes yang digunakan tes tertulis berbentuk
uraian berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen
diperoleh rata-rata 88,20. Sedangkan untuk data tes kelas kontrol diperoleh ratarata 63,60. Simpangan baku untuk kelas eksperimen diperoleh 9,39 sedangkan
simpangan baku untuk kelas kontrol diperoleh 7,97. dari hasil penelitian di
peroleh thitung > ttabel yaitu 8,78 > 2,011 Maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran ELPSA setting kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran
matematika pada siswa sekolah menengah pertama. |
en_US |