dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah modelMake a Match
dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57
Medan T.A 2020/2021 dan (2) Bagaimana penerapan model Make a Match dalam
meningkatkan hasil belajar Matematika siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan
T.A 2020/2021. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah model
Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa SMP
Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 dan (2) Untuk mengetahui bagaimana
penerapan model model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar
matematika pada siswa SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model
Make a Match. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi aktivitas
belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C SMP
Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 yang terdiri dari 26 orang siswa
dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek Penelitian ini
adalah hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make
a Match. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan ketuntasan belajar siswa
secara klasikal pada tahap awal mencapai 19,23 % kemudian pada siklus I
menjadi 53,84 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,61 %. Dan hasil
observasi aktivitas siswa dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I mencapai nilai
rata-rata 2,334 dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat hingga 2,885
dengan kategori baik. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VII-C SMP Muhammadiyah 57 Medan T.A 2020/2021 |
en_US |