dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita
fabel menggunakan metode information search dan metode ceramah oleh Siswa
Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dan
untuk mengetahui pengaruh metode information search terhadap kemampuan
menulis teks cerita fabel oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan
Tahun Pembelajaran 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen. Metode ini digunakan karena peneliti ingin
mengetahui Pengaruh metode information search terhadap Kemampuan menulis
teks cerita fabel oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun
Pembelajaran 2019-2020.Sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah VII
B sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebanyak 29
siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Rata-rata
kemampuan menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode information search adalah
71,5.
Rata-rata kemampuan menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode ceramah
adalah 55,8. Kemampuan menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8
Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode information
search tahun pembelajaran 2019/2020 berada pada 57,12% dengan jumlah 16
siswa. Kemampuan menulis siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan
Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode ceramah berada
pada 48,27% dengan jumlah 14 siswa. Berdasarkan uji t dengan membandingkan
harga thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 3,06> 2,004, sehingga Ha
diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan menulis teks
cerita fabel dengan menggunakan metode Information search. |
en_US |