dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran
menggunakan model pembelajaran CRH ( Crouse Review Horay) dapat
meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP Cerdas
Murni Tembung T.P 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung VII-1, VII-2, VII-3, dan VII-4 yang
seluruhnya berjumlah 120 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas
VII-3, yang berjumlah 30 siswa, pada sesi pertama no absen 1 sampai 15 yang
berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas eksperimen
adalah siswa dengan nomor absen 16 sampai 30. Pada kelas kontrol menggunakan
model pembelajaran langsung sedangkan kelas eksperimen menggunakan model
Crouse Review Horay. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang
berjumlah lima soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat
perbedaan antara rata-rata aktivitas kemampuan belajar matematika siswa yang
menggunakan model pembelajaran langsung dengan model Crouse Review Horay.
Pada uji normalitas dengan n=15 pada taraf Signifikasi 0,05, maka data pre-test
kelas kontrol diperoleh ( ) ( ) dan kelas eksperimen
diperoleh ( ) ( ) Data post-test kelas kontrol diperoleh
( ) ( ), dan data post-test kelas eksperimen diperoleh (
0,118) < ( ), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-test
dan post-test kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan
n=15 pada taraf signifikasi α = 0,05, ( ) (2,48) pre-test dan
( ) ( ) pada post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa data pre-test dan post-test kemampuan belajar matematika kelas kontrol
dan kelas eksperimen homogen. Pada uji t ( ) pada taraf signifikasi
0,05 dengan n=15 didapat harga (2,048), karena > atau (7,60)
>2,048 maka Ho ditolak. Pada uji N-Gain ternormalisasi pada kelas kontrol
sebesar 0,5 tergolong sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,7 tergolong tinggi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Crouse Review Horay efektif dalam meningkatkan aktivitas kemampuan belajar
matematika pada siswa SMP Cerdas Murni Tembung T.P 2020/2021 |
en_US |