dc.description.abstract |
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini Apakah model
pembelajaran aktif tipe Group To Group Exchangeefektif dalam meningkatkan hasi
belajar matematika pada siswa SMA Al-Himah Medan Tahun Ajaran
2020/2021”.Penelitian ini bertujuan “ Untuk mengetahui apakah model pembelajaran
aktif tipe Group To Group Exchange efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa SMA Al-Hikmah Tahun Ajaran 2020/2021.”Intrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMA Al-Hikmah yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 60 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa karena populasinya
kurang dari 118 orang.Pada uji normalitas menunjukkan data pre-test kelas kontrol diperoleh
dan kelas eksperimen
. Data post-test
dari kelas kontrol diperoleh
dan data post-test kelas eksperimen
diperoleh
. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data pre-
test dan post-test pada kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas untuk data
hasil belajar matematikakedua kelas, diperoleh nilai pre-test hasil belajar matematika
kelas kontrol dan eksperimen yaitu Fhitung (1,042) < Ftabel (1,86) dan hasil uji
homogenitas post-test hasil belajar matematika kelas kontrol dan eksperimen diperoleh
Fhitung (1,186) < Ftabel (1,85). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pre-test dan
post-test hasil belajar matematika kelas kontrol dan kelas eksperimen homogen. Setelah
data telah dipenuhi sehingga dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis.Pengujian
hipotesis uji t untuk post-test hasil yang diperoleh adalah thitung (12,07) > ttabel (2,00)
maka dapat dilihat bahwa Ho ditolak artinya tingkat hasil belajar matematika pada kelas
eksperimen lebih tinggi dari tingkat hasil belajar matematika pada kelas kontrol
sehingga kegiatan pembelajaran menggunakan model Group To Group Exchange lebih
efektif dibandingkan kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran
langsung pada pokok bahasan Nilai Mutlak pada siswa SMA Al-Hikmah
Medan.Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji peningkatan (N Gain),
kualitas peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas kontrol sebesar 0,401
maka keefektifan dalam kategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,727 maka
keefektifan dalam kategori tinggi. Maka lebih tinggi peningkatan hasil belajar
matematika pada kelas eksperimen dibandingkan peningkatan hasil belajar matematika
dikelas kontrol |
en_US |