dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif
sumber data diperoleh dari wawancara, studi dokumen, dan observasi. Sesuai
dengan fokus masalah yaitu mengenai Emosional anak. Peneliti ingin penelitian
ini dapat menjelaskan sekaligus memaparkan data secara menyeluruh dan rinci
mengenai emosional anak di TK Agung Persada Bandar Khalipah. Implementasi
metode latihan dan pembiasaan dalam proses perkembangan emosional anak,
maka temuan yang dapat dikemukakan ialah: implementasi metode latihan dan
pembiasaan dalam proses perkembangan emisonal anak di TK Agung Persada
Bandar Khalipah. Upaya mengembangkan emosional anak ialah dengan
memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar mandiri, kemudian
melakukan arahan dan bimbing dengan baik supaya anak bisa melakukannya lebih
baik lagi. Inilah yang seharusnya diperhatikan oleh setiap orang tua dan pendidik
dalam mengembangkan emosional anak. Anak TK Agung Persada Bandar
Khalipah selalu mengembangkan emosional anak sejak dari awal anak masuk di
TK Agung Persada Bandar Khalipah ini, dengan intens dilatih dan dibiasakan
kepada anak. Selaras dengan hasil temuan penelitian ini, maka hal-hal yang
diperhatikan untuk mengembangkan emosional anak adalah membuat daftar
penilaian untuk melihat perkembangan emosional anak, guru berkonsultasi
dengan orangtua anak mengenai bagaimana orangtua mengajarkan sifat emosional
kepada anak, emosional anak yang negatif bisa dilihat dari kegiatan mereka
sehari-hari di sekolah, dan emosional anak bukanlah kemampuan yang dibawa
anak sejak lahir, melainkan hasil dari proses belajar baik di keluarga, lingkungan,
dan sekolah |
en_US |