dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan penerapan Metode Resitasi Media
Animasi PIPER dalam upaya peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia Kelas
VII SMP Swasta Pelita Medan, melalui metode ini siswa dituntut berperan aktif
mengikuti penjelasan berdiskusi berkelompok, merangkum hasil diskusi Bahasa
Indonesia, membacakan hasil diskusi didepan kelas, mampu mengekspresikan
berbahasa Indonesia dengan tepat. Tujuan diadakan penelitian kelas ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar siswa dalam pelajaran
Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode resitasi media animasi piper
dengan perlakuan kerja kelompok. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan
perlakuan eksperimen, yaitu terpilih kelas VII-B dengan jumlah siswa sebanyak
42 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Dengan menggunakan teknik Random
Sampling sebagai sample, setelah dilakukannya penelitian terdapat nilai
perhitungan yang diperoleh thitung sebesar 5,068 > ttabel sebesar 1,989. Bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara metode resitasi media anamasi dengan
kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Swasta Pelita
Tahun Pembelajaran 2019/2020. |
en_US |