Research Repository

Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dengan Variasi Jenis Knalpot Berbahan Bakar Pertamax.

Show simple item record

dc.contributor.author Sitompul, Yusuf Hanafiah Mustaqim
dc.date.accessioned 2020-02-29T10:35:28Z
dc.date.available 2020-02-29T10:35:28Z
dc.date.issued 2017-10-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/478
dc.description.abstract Pemakaian kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya kendaraan bermotor yang beroperasi dijalan sehingga sering menimbulkan emisi gas dengan jumlah yang besar, Emisi gas buang adalah sisa hasil dari suatu proses pembakaran bahan bakar didalam minyak yang tidak sempurna. Emisi gas buang merupakan sisa hasil pembakaran mesin. Di sisi lain penggunaan kendaraan bermotor juga menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap lingkungan, terutama gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar yang tidak terurai atau tidak terbakar dengan sempurna, sehingga hasil pembakaran bahan bakar minyak (BBM) pada sepeda motor mampu menurunkan kualitas udara dan menyebabkan terjadinya pemanasan global 'global warming', banyaknya bahan bakar yang digunakan dalam kendaraan salah satunya pertamax, pertamax adalah motor gasoline tanpa timbal dengan kandungan aditif lengkap generasi mutakhir yang akan memberikan Intake Valve Port Fuel Ijector dan ruang bakar dari karbon deposit yang mempunyai RON 92 (Research Octane Number) dan dianjurkan juga untuk kendaraan berbahan bakar bensin dengan perbandingan kompresi tinggi melalui kenalpot, knalpot adalah salah satu saluran gas buang yang punya fungsi mengalirkan gas buang dari ruang bakar mesin dan meredam suara yang keluar dari ruang bakar mesin. Pengujian dilakukan pada motor 150 cc . %. Kadar CO yang besar diakibatkan kandungan bensin terlalu banyak (campuran kaya) sehingga pembakaran tidak sempurna. Kadar HC yang besar diakibatkan kandungan bahan bakar terlalu kecil (campuran miskin) sehingga pembakaran tidak sempurna. Pada kadar CO2 semakin tinggi nilainya, pada setiap putaran maka akan semakin baik dimana ideal pada CO2 adalah 12-15% dengan pembakaran sempurna. en_US
dc.subject Emisi Gas Buang en_US
dc.subject Variasi Knalpot en_US
dc.subject Bahan Bakar Pertamax en_US
dc.title Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Dengan Variasi Jenis Knalpot Berbahan Bakar Pertamax. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account