dc.description.abstract |
Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya motorik kasar anak kelompok B TK
Kurnia 2 Kecamatan Medan Marelan. Hal ini mungkin dikarenakan media, metode dan strategi
yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar anak. Berdasarkan
masalah di atas, diharapkan melalui kegiatan permainan bernyanyi (singing game) dapat
meningkatkan motorik kasar anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok B dan berjumlah 15
anak dengan rincian 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan observasi dan dokumentasi unjuk kerja. Alat yang digunakan adalah lembar
instrumen penilaian dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Penilaian dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik kasar anak kelompok B pada
pra siklus yaitu : melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 20%, melompat ke berbagai arah
dengan satu atau dua kaki 13,3%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 6,6% dan
menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 13,3% dengan rata-rata 13,3%, lalu
siklus I melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 33,3%, melompat ke berbagai arah dengan
satu atau dua kaki 26,6%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 26,6% dan
menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai irama musik 33,3% naik menjadi 29.95%, siklus II
melakukan 2-3 perintah secara bersamaan 53,4%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau
dua kaki 40%, berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 53,4% dan menggerakkan kepala,
tangan dan kaki sesuai irama musik 46,7%, naik menjadi 48,38% dan siklus III melakukan 2-3
perintah secara bersamaan 86,7%, melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki 86,7%,
berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara 80,1% dan menggerakkan kepala, tangan dan
kaki sesuai irama musik 80,1%, naik mencapai 83,4%, perolehan pada siklus III membuktikan
bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu motorik kasar anak mengalami
peningkatan >80%. Hal ini menyimpulkan bahwa melalui permainan bernyanyi (singing game)
motorik kasar anak kelompok B TK Kurnia 2 Kecamatan Medan Marelan meningkat dengan baik |
en_US |