dc.description.abstract |
Penelitian bertujuan untuk : (1) Bagaimana mekanisme permainan ular naga
dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di RA
Madinatussalam Percut Sei Tuan (2) Bagaimana peningkatan kemampuan motorik
kasar anak melalui permainan ular naga di RA Madinatussalam Percut Sei Tuan
(3) Bagaimana peningkatan motorik kasar anak di RA Madinatussalam Percut Sei
Tuan Kabupaten Deli Serdang sesudah digunakan media Bermain Ular Naga.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini yang
menjadi subjek penelitian adalah anak kelompok B kelas mekkah RA
Madinatussalam Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi
dengan teman sejawat, guru dan juga kepala sekolah. Prosedur penelitian
dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk
mendapatkan data dan analisis data diperoleh kesimpulan : (1) Kemampuan
motorik dasar anak telah meningkat melalui kegiatan bermain ular naga, hal ini
dapat dilihat pada persentasi rata-rata perkembangan anak yang dapat melakukan
permainan ular naga tanpa bantuan guru dari kondisi awal sebesar 23,53%
meningkat pada siklus I 47,06% dan meningkat menjadi 82,35% pada siklus II.
(2) Kemampuan motorik kasar yang dicapai setelah bermain ular naga kondisi
awal sebesar 35,29% meningkat pada siklus I sebesar 64,71% dan meningkat
menjadi 94,12% pada siklus II |
en_US |