dc.contributor.author |
Pasaribu, Siti Ela Erpina |
|
dc.date.accessioned |
2020-07-20T05:17:18Z |
|
dc.date.available |
2020-07-20T05:17:18Z |
|
dc.date.issued |
2019-12-14 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4546 |
|
dc.description.abstract |
Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda, tentang berfungsinya sebuah tanda dan terciptanya sebuah makna. Tugas pokok semiotika adalah mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mengklasifikasikan jenis-jenis utama tanda dan cara penggunaannya dalam aktivitas yang bersifat representatif. Iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi merupakan iklan yang bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga sebagai pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi asupan gizi seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan makna ikon, indeks dan simbol iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi. Untuk mengkaji makna yang terdapat pada iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber data penelitian diperoleh langsung dari penelitian melalui cara dokumentasi terhadap objek penelitian iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas):Isi Piringku di televisidalam bentuk video. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan adanya makna ikon, makna indeks, dan makna simbol pada iklan layanan masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di televisi. |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara |
en_US |
dc.subject |
Analisis |
en_US |
dc.subject |
Semiotika |
en_US |
dc.subject |
Iklan |
en_US |
dc.title |
Kajian Semiotika Iklan Layanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KKRI) dan Gerakan Masyarakat (Germas): Isi Piringku di Televisi |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |