dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Metode
Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks
Iklan Pada siswa SMP Muhammadiyah 03 Medan Tahun Ajaran
2019/2020.Penelitian ini dilakuakn di SMP Muhammadiyah 03 Medan Jalan
Abdul Hakim No. 2 tanjung sari kecamatan Medan Selayang, Kota Medan
Sumatera Utara 20155. Populasi Penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP
Muhammadiyah 03 Medan. Berdasarkan pengambilan sampel maka ditentukan
Kelas VIII A reguler yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas yang digunakan
Model Konvensional sedangkan Kelas VIII B plus yang berjumlah 35 siswa
sebagai kelas yang menggunakan Metode pembelajaran Discovery Learning.
Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode eksperimen.
Dalam Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yaitu
mengidentifikasi teks iklan. Penelitian ini menggunakan uji “Thitung.Pengolahan
data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Analisis Ttes yaitu
untuk mengetahui berapa besar pebgaruh Metode Pembelajaran Discovery
Learning terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Iklan pada siswa Kelas
VIII SMP Muhammadiyah 03 Medan. Setelah menghitung dan mengolah data
dari penelitian yang dilakukan maka dioeroleh nilai rat-rata dari kelas eksperimen
menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Leraning adalah 81,51. Sedangkan
menggunakan Model Konvensional nilai rata-rata yang diperoleh adalah
58,22.Dengan Demikian, dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel yaitu
12,25>1,668.
Maka Maka ha diterima dengan hipotesis “adanya Pengaruh Metode
Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks
Iklan oleh siswa SMP Muhammadiyah 03 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. |
en_US |