dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inside outside circle
terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP PAB 2
Helvetia tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh
kelas VIII yang terdiri dari kelas VIII-1, VIII-2, VIII-3, VIII-4, VIII-5 yang
berjumlah 189 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-3 ditetapkan sebagai
kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas VIII-5 ditetapkan
sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 37 orang. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes
esai. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 77,48 dengan
menggunakan model inside outside circle dengan rincian siswa memperoleh nilai
66-79 dikategorikan baik sebanyak 27 orang (71,05%) dan siswa yang
memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 11 orang (28,94%)
oleh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia tahun pembelajaran 2019-2020. Nilai
rata-rata sebesar 51,20 kemampuan menulis teks eksplanasi yang telah diajarkan
tanpa menggunakan model inside outside circle siswa yang memperoleh nilai 4055
dikategorikan kurang sebanyak 15 orang (40,54%), siswa yang memperoleh
nilai < 39 sebanyak 12 orang (32,43%), siswa yang memperoleh nilai 56-65
dikategorikan cukup sebanyak 3 orang (8,10%), dan siswa yang memperoleh nilai
66-79 dikategorikan baik sebanyak 7 orang (18,91%). Model inside outside circle
lebih berpengaruh dalam menulis teks eksplanasi dibandingkan tanpa
menggunakan model inside outside circle. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung =
10,5494 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf
signifikan α = 5% dengan db= n1+ n2-2=73 maka diperoleh ttabel = 1,666.
Demikian dapat diketahui thitung > ttabel yaitu 10,5494 > 1,666 maka Ha diterima
dengan hipotesis ada pengaruh model inside outside circle terhadap kemampuan
menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia tahun
pembelajaran 2019-2020. |
en_US |