dc.description.abstract |
Penelitian ini dibuat karena kurangnya pengetahuan muzakki tentang
strategi fundraising dalam pengelolaan dana zakat. Rumusan masalah yang
diteliti adalah bagaimana strategi fundraising yang diterapkan dalam
menghimpun dana zakat. Tujuan penelitian ini untuk meganalisis strategi
fundraising yang diterapkandalam menghimpun dana zakat.
Penelitian yang dilakukan adlah penelitian perusahan yang berkaitan
dengan strategi fundraising dalam meghimpun dana zakat melalui tahapan
wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Manager fundraising
dan Marketing Komunikasi Dompet Dhuafa Waspada. Teknik dan pengumpulan
data yang dilakukan yaitu lembar wawancara dan analisis dokumentasi yang
digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah strategi fundraising sangat perlu
dilaksanakan karena terkait bertahannya sebuah lembaga zakat, menghimpun
dana, langkah perluasan/pengembangan, dukungan moral legal serta
keberlanjutan eksistensi muzakki itu sendiri. Penerapan strategi yang dilakukan
berdampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat dalam berzakat,
tersedianya para muzakki untuk memberi tanggapan secara langsung,
peningkatan kepercayaan masyarakat, terciptanya kedekatan personal serta
interaktif, terjangkaunya wilayah tertentu, peningkatan kesadaran, peningkatan
motivasi, meningkatkan citra lembaga dan meningkatkan kepuasan muzakki |
en_US |