Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi OlehSiswa Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan TahunPembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Siagian, Mia Sanita
dc.date.accessioned 2020-06-27T07:29:55Z
dc.date.available 2020-06-27T07:29:55Z
dc.date.issued 2020-01-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4169
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami teks eksplanasi dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berdasarkan sistematika penulisan oleh siswa kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 51 orang yang tersebar dalam 2 kelas, sampel diambil dari keseluruhan populasi karena jumlah populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan, yakni random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk True Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 orang adalah 80,6 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 10 siswa (40%) nilai sangat baik dan 15 siswa (60%) nilai baik. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas VII B (kelas kontrol) yang menggunakan model pembelajaran Konvensional berjumlah 26 orang adalah 72,15 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang diperoleh dapat diketahui bahwa 6 siswa (23%) nilai sangat baik, 15 siswa (38%) nilai baik, 4 siswa (16%) nilai cukup dan 6 siswa( 23%) nilai kurang. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran CIRC en_US
dc.subject Memahami Teks Eksplanasi en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Memahami Teks Eksplanasi OlehSiswa Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan TahunPembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account