dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami teks eksplanasi
dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) berdasarkan sistematika penulisan oleh siswa kelas
VIII SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 51
orang yang tersebar dalam 2 kelas, sampel diambil dari keseluruhan populasi karena
jumlah populasi kurang dari 100. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan, yakni
random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bentuk
True Experimental Design tipe Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian yang
diperoleh nilai rata-rata siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) yang berjumlah 25
orang adalah 80,6 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang
diperoleh dapat diketahui bahwa 10 siswa (40%) nilai sangat baik dan 15 siswa
(60%) nilai baik. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas VII B
(kelas kontrol) yang menggunakan model pembelajaran Konvensional berjumlah 26
orang adalah 72,15 menunjukkan kemampuan baik. Berdasarkan hasil nilai yang
diperoleh dapat diketahui bahwa 6 siswa (23%) nilai sangat baik, 15 siswa (38%)
nilai baik, 4 siswa (16%) nilai cukup dan 6 siswa( 23%) nilai kurang. Berdasarkan
uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading
and Composition (CIRC) terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi kelas VIII
SMP Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. |
en_US |