dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui adanya
pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap
kemampuan menyusun teks tanggapan kritis oleh siswa kelas IX SMP PAB 2
Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IX-6 dengan jumlah siswa 29 orang. Metode penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest
posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur
keberhasilan model pembelajaran ini adalah tes tertulis. Setelah data analisi
diketahui kemampuan menyusun teks tanggapan kritis siswa sebelum
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata
61,82 termasuk dalam kategori cukup yang berada pada nilai tertinggi 77 dan nilai
terendah 33. Sedangkan kemampuan menyusun teks tanggapan kritis sesudah
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata
91,44 termasuk dalam kategori baik sekali. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung
lebih besar dari ttabel yaitu 13,97 > 1,70 dengan ini penelitian yang dilakukan
diterima dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang
signifikan dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning
terhadap kemampuan menyusun teks tanggapan kritis oleh kelas IX SMP PAB 2
Helvetia Medan tahun pembelajaran 2019/2020. |
en_US |