Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis Oleh Siswa Kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Hanni Sari
dc.date.accessioned 2020-06-26T03:21:52Z
dc.date.available 2020-06-26T03:21:52Z
dc.date.issued 2019-12-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4133
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyusun teks tanggapan kritis oleh siswa kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-6 dengan jumlah siswa 29 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model pembelajaran ini adalah tes tertulis. Setelah data analisi diketahui kemampuan menyusun teks tanggapan kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata 61,82 termasuk dalam kategori cukup yang berada pada nilai tertinggi 77 dan nilai terendah 33. Sedangkan kemampuan menyusun teks tanggapan kritis sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan nilai rata-rata 91,44 termasuk dalam kategori baik sekali. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,97 > 1,70 dengan ini penelitian yang dilakukan diterima dan berhasil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyusun teks tanggapan kritis oleh kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan tahun pembelajaran 2019/2020. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject teks tanggapan kritis en_US
dc.subject siswa kelas IX en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis Oleh Siswa Kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account