dc.description.abstract |
Latar Belakang: Game online merupakan permainan yang dapat diakses oleh
banyak pemain melalui suatu jaringan internet. Perkembangan game online
pada saat ini sangat pesat dan pemain game online dikelompokkan menjadi 2
kelompok yaitu gamer dan non gamer. Game online dapat mempengaruhi dari
prestasi belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat perbedaan prestasi belajar antara gamer dan non gamer pada
mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Metode: Penelitian analitik cross sectional dengan teknik total sampling
berjumlah 320 mahasiwa, sampel dibagi menjadi dua kelompok (gamer dan
non gamer) berdasarkan kuesioner. Data indeks prestasi didapat dari data nilai
mahasiswa. Perbedaan prestasi belajar kedua kelompok sampel dianalisis
dengan uji mann-whitney. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara
gamer dan non gamer terhadap indeks prestasi (p<0,05). Kesimpulan:
Terdapat perbedaan yang signifikan antara gamer dan non gamer terhadap
indeks prestasi, kelompok non gamer mempunyai peringkat yang lebih tinggi
dibandingkan dengan gamer. |
en_US |