dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran discovery
learning efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII
di SMP Swasta Pelita Medan ?. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah
model pembelajaran discovery learning efektif untuk meningkatkan pemahaman
konsep matematika siswa kelas VIII di SMP Swasta Pelita Medan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah eksperimen semu dengan desaian penelitian pretest posttest control
grub design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen
menggunakan model pembelajaran discovery learning yang berjumlah 26 dan kelas
VIII-B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah yang
berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dengan bentuk tes
uraian. Dari hasil tes yang telah dilakukan , diperoleh nilai rata-rata pretest eksperimen
adalah 42,4 dan nilai rata-rata postest eksperimen adalah 80,77 sedangkan nilai rata-rata
pretest kontrol adalah 44,4 dan nilai rata-rata postest kontrol adalah 72,2. Hasil uji
hipotesis postest menggunakan uji-t diperoleh harga thitung = 4,1719 dan ttabel = 2,00945
dengan taraf signifikan 0,05 serta dk = n1 + n2 – 2 = 26 + 27 -2 = 51 . Karena thitung >
ttabel maka Ha diterima dan HO ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan
antara pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model
discovery learing dan kemmapuan pemahaman konsep matematis siwa yang diajarkan
menggunakan model ceramah. Dari hasil uji gain diperoleh nilai indeks gain kelas
eksperimen lebih besar dari nilai indeks gain kelas kontrol yaitu 0,66 > 0,50 atau
peningkatannya 66% > 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
matematis siswa SMP Swasta Pelita Medan T.A 2019-2020. |
en_US |