Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30004Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | ALFIANSYAH, RIDHO | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-12T02:11:32Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-12T02:11:32Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-22 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30004 | - |
| dc.description.abstract | Tingginya angka anak putus sekolah di kawasan pesisir menjadi tantangan serius bagi pembangunan masyarakat, khususnya di Kelurahan Bagan Deli, Belawan. Ketiadaan pendidikan formal menyebabkan terbatasnya pembentukan karakter dan meningkatkan risiko munculnya permasalahan sosial seperti kenakalan remaja dan kriminalitas. Menanggapi hal tersebut, Komunitas Pemuda Peduli Bagan Deli (KPPBD) hadir dengan berbagai program pembinaan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter kepada anak putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran KPPBD dalam pembinaan karakter serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk memperoleh pemahaman yang mendalam terkait strategi dan dampak kegiatan KPPBD. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan anggota KPPBD, peserta program, dan tokoh masyarakat, serta observasi kegiatan dan dokumentasi. Data sekunder berupa arsip kegiatan, laporan, serta foto dokumentasi digunakan sebagai pelengkap. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPPBD memiliki peranan signifikan dalam menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, dan kepedulian sosial. Kegiatan seperti gerakan literasi, pengajian, pelatihan public speaking, serta gotong royong terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif peserta. Faktor pendukung meliputi dukungan masyarakat, peran tokoh agama dan orang tua, serta inovasi program seperti perpustakaan keliling dan apung. Namun, hambatan berupa keterbatasan ekonomi, infrastruktur, dan Pkondisi geografis tetap menjadi tantangan utama. Kesimpulannya, KPPBD berperan sebagai agen perubahan sosial yang memberikan pendidikan nonformal sekaligus membangun karakter anak putus sekolah agar mampu kembali terarah pada keterlibatan sosial yang positif dan produktif. | en_US |
| dc.publisher | umsu | en_US |
| dc.subject | pendidikan karakter | en_US |
| dc.subject | anak putus sekolah | en_US |
| dc.title | PERAN KOMUNITAS PEMUDA PEDULI BAGAN DELI (KPPBD) DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER KEPADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI KEL. BAGAN DELI BELAWAN | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Pancasila and Civic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI RIDHO LUX.pdf | Full Text | 2.08 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.