Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29988| Title: | PENGARUH KOMPETENSI, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MINAT MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA |
| Authors: | ROBIATUL, ADAWIYAH |
| Keywords: | Kompetensi;Kecerdasan Emosional;Kecerdasan Interpersonal;Kecerdasan Spiritual;Minat Belajar |
| Issue Date: | 8-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah mahasiswa pada Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dari 415 mahasiswa pada tahun 2022 menjadi 162 mahasiswa pada tahun 2024. Fenomena ini menunjukkan adanya persoalan terkait rendahnya minat belajar mahasiswa, yang dipengaruhi oleh faktor kompetensi, kecerdasan emosional, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel variabel tersebut terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada tahun 2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian berjumlah 50 mahasiswa angkatan 2021–2024 yang sekaligus dijadikan sebagai sampel (total sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner berskala Likert, sedangkan analisis data dilakukan melalui regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial: (1) kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa dengan nilai thitung = 2,545 > ttabel = 1,677 dan sig. 0,014 < 0,05; (2) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung = 9,003 > ttabel = 1,677 dan sig. 0,000 < 0,05; (3) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung = 2,273 > ttabel = 1,677 dan sig. 0,028 < 0,05; (4) kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai thitung = 8,530 > ttabel = 1,677 dan sig. 0,001 < 0,05. Secara simultan, keempat variabel tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kompetensi akademik dan praktikal, pengelolaan emosi, keterampilan interpersonal, serta penguatan kecerdasan spiritual sangat penting untuk menumbuhkan minat belajar mahasiswa, khususnya dalam pendidikan perbankan syariah. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29988 |
| Appears in Collections: | Syariah banking |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| ROBIATUL ADAWIYAH_2101270028.pdf | Full Text | 5.98 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.