Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29968Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | TIARA, LUBIS | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-10T01:26:29Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-10T01:26:29Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-10 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29968 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini merancang dan membangun sistem rekomendasi jurusan kuliah bagi siswa SMA berbasis web dengan pendekatan hybrid C4.5–Naïve Bayes. Algoritma C4.5 digunakan untuk seleksi fitur dari data nilai rapor dan hasil tes minat, sedangkan Naïve Bayes melakukan klasifikasi jurusan berdasarkan fitur terpilih. Arsitektur sistem memisahkan antarmuka PHP dari layanan analitik Python melalui API, sehingga proses pengolahan data, pelatihan, evaluasi (akurasi, precision, recall, F1), dan penyimpanan model dapat direplikasi di lingkungan lokal. Hasil pengujian skenario end-to-end menunjukkan seluruh alur—mulai dari pengelolaan data, pelatihan dan aktivasi model, pembuatan rekomendasi per siswa/massal, hingga verifikasi oleh wali kelas—berjalan sesuai rancangan, sehingga sistem layak dijadikan alat bantu pengambilan keputusan penjurusan yang objektif dan terukur. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | C4.5 | en_US |
| dc.subject | Naïve Bayes | en_US |
| dc.subject | Hybrid | en_US |
| dc.subject | Rekomendasi Jurusan | en_US |
| dc.subject | Sistem Pendukung Keputusan | en_US |
| dc.subject | SMA | en_US |
| dc.subject | Web | en_US |
| dc.title | PENERAPAN ALGORITMA HYBRID C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK MENENTUKAN JURUSAN KULIAH SISWA DI SMA NEGERI 8 MEDAN BERBASIS WEB | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Information System | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI_TIARA_FULL_(REVISI_2) FIX.pdf | Full Text | 4.83 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.