Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29811
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPAHLEVI, ABDUL RASYID-
dc.date.accessioned2025-11-05T03:36:06Z-
dc.date.available2025-11-05T03:36:06Z-
dc.date.issued2025-08-20-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29811-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja algoritma K-Means Clustering dan Fuzzy Tsukamoto dalam mengelompokkan data siswa SMP NU Medan berdasarkan prestasi akademik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya analisis data pendidikan sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Data yang digunakan berasal dari nilai akademik siswa pada beberapa mata pelajaran inti. Metode K Means Clustering digunakan untuk melakukan pengelompokan secara tegas (hard clustering), sedangkan Fuzzy Tsukamoto digunakan untuk mengelompokkan dengan pendekatan logika fuzzy (soft clustering). Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma K-Means mampu menghasilkan pengelompokan yang sederhana dan mudah diinterpretasikan, namun cenderung kurang fleksibel terhadap data yang bersifat ambigu. Sebaliknya, metode Fuzzy Tsukamoto memberikan hasil pengelompokan yang lebih adaptif dengan mempertimbangkan derajat keanggotaan setiap data, sehingga lebih sesuai dalam merepresentasikan variasi prestasi akademik siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Fuzzy Tsukamoto lebih unggul dalam memberikan analisis yang komprehensif terhadap data prestasi akademik, sedangkan K-Means lebih unggul dari sisi kemudahan implementasi.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectData Miningen_US
dc.subjectK-Meansen_US
dc.titlePERBANDINGAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DAN FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MENGELOMPOKKAN DATA SISWA SMP NU MEDAN BERDASARKAN PRESTASI AKADEMIKen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Information Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rev_Abdul_Rasyid_Skripsi_Lanjutan_Bab_4&5[1][1] 2.pdfFull Text4.38 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.