Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29517
Title: ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA PADA DIALOG GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-1 DI SMP NEGERI 5 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2024/2025
Authors: VICKI, MAHARANI
Keywords: Kesantunan Berbahasa;Guru dan Siswa;Pembelajaran Bahasa Indonesia;Prinsip Leech
Issue Date: 13-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk kesantunan berbahasa yang digunakan dalam dialog antara guru dan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori kesantunan berbahasa menurut Leech yang meliputi maksim kebijaksanaan, kedermawanan, pujian, kerendahan hati, kesepakatan, dan simpati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa cenderung menerapkan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran, terutama pada maksim kebijaksanaan dan kesepakatan. Namun, masih ditemukan pelanggaran kesantunan pada beberapa tuturan siswa yang bersifat spontan dan kurang memperhatikan norma kesopanan. Faktor penyebab pelanggaran kesantunan antara lain perbedaan latar belakang sosial, situasi komunikasi, dan kedekatan hubungan antara penutur dan mitra tutur. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya penerapan kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan harmonis antara guru dan siswa, serta sebagai sarana pembentukan karakter berbahasa yang baik bagi peserta didik.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29517
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI VICKI MAHARANI.pdfFull Text1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.