Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29511Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | ANGGIRA, CICI | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-29T04:21:10Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-29T04:21:10Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-22 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29511 | - |
| dc.description.abstract | Pembelajaram adalah suatu proses interaksi antara siswa dan guru dilingkungan sekolah. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganeegaraan yang memerhatikan berbagai elemen pengajaran secara efektif, mencakup tujuan, materi, aktivitas belajar, metode, alat sumber dan evaluasi akan mendukung lingkungan belajar yang terus menerus mengembangkan tiga kompetensi fundamental yang seharusnya dimiliki oleh perserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas X MAS Muhammadiyah 01 Medan.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru didalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa jadi meningkat.Hasil dari penelitian ini adalah Hasil belajar siswa meningkat, penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam materi HAM dengan menggunakan metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada saat Pra tindakan rata rata 65% siswa yang tuntas hanya 13 orang, siklus I sudah meningkat mendapatkan nilai rata rata 80% dengan ketuntasan 16 siswa dan pada siklus II nilai rata rata kelas mencapai tingkat 85% ketuntasan siswa 17 orang. | en_US |
| dc.publisher | umsu | en_US |
| dc.subject | Kooperatif | en_US |
| dc.subject | Jigsaw, Hasil Belajar | en_US |
| dc.title | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PPKN KELAS X MAS MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2024\2025 | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Pancasila and Civic Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| skripsi cici word (2).pdf | Full Text | 5.69 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.