Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29485| Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA ISLAM AL ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 |
| Authors: | PEBRIYANTI, DELA |
| Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning;YouTube |
| Issue Date: | 17-Sep-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan YouTube terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas Xl SMA Islam al ulum terpadu medan tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan model eksperimen dengan desain penelitian Posstest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xl-3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas Xl-1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes esai untuk mengolah data dengan teknik analisis data menggunakan standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan dua variabel menunjukkan nilai normalitas yang baik di atas nilai standar 0,05, uji homogenitas juga menunjukkan nilai yang baik di atas nilai standar 0,05, sedangkan berdasarkan uji hipotesis pada uji Independent Sampels Test diperoleh hasil thiting 8,02 dengan nilai df sebesar 66 sehingga di peroleh nilai ttabel =1,67 dengan demikian thitung > ttabel (8,02 > 1,67). Dapat di simpulkan bahwa terdapat adanyan pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan YouTube terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas Xl SMA Islam al ulum terpadu medan tahun pembelajaran 2024/2025. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29485 |
| Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| DELA PEBRIYANTI FIX.pdf | Full Text | 5.51 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.