Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29336
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorILHAM, PRASTIA-
dc.date.accessioned2025-10-25T01:21:32Z-
dc.date.available2025-10-25T01:21:32Z-
dc.date.issued2025-10-25-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29336-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi Virtual Reality (VR) memberikan peluang besar dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif, imersif, serta mampu mensimulasikan pengalaman praktik secara lebih nyata. Pada pembelajaran perakitan komputer di SMK, keterbatasan perangkat praktik sering menjadi hambatan sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman langsung secara optimal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran simulasi perakitan komputer berbasis Virtual Reality sebagai alternatif praktik yang aman, interaktif, dan lebih menarik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Aset komponen komputer dimodelkan menggunakan Blender 3D, kemudian diintegrasikan ke dalam Unity untuk membangun simulasi interaktif berbasis VR. Pengujian dilakukan melalui Black Box Testing dan Application Testing terhadap 10 responden, terdiri dari 7 siswa SMK dan 3 alumni jurusan TKJ. Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur interaksi berjalan sesuai skenario, sedangkan nilai kelayakan media melalui Application Testing memperoleh skor 87,2%, yang berarti simulasi dinilai layak, mudah digunakan, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap prosedur perakitan komputer. Media ini juga dinilai memberikan pengalaman belajar yang lebih realistis, membantu mengurangi kesalahan dalam praktik nyata, dan meningkatkan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis VR ini dapat menjadi solusi terhadap keterbatasan fasilitas laboratorium, sekaligus menjadi pijakan untuk pengembangan materi praktik berbasis VR lainnya pada bidang Teknik Komputer dan Jaringan.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectVirtual Realityen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectPerakitan Komputeren_US
dc.subjectUnityen_US
dc.subjectBlenderen_US
dc.subjectADDIEen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI PERAKITAN KOMPUTER BERBASIS VIRTUAL REALITYen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Information Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ILHAM.pdfFull Text1.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.