Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29085| Title: | PENGARUH APLIKASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP KARYA SERDANG |
| Authors: | AFRANISHA |
| Keywords: | Aplikasi Quizizz;Minat Belajar Siswa;Pembelajaran PPKn |
| Issue Date: | 23-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh aplikasi pembelajaran Quizizz terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP Karya Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Karya Serdang, dengan sampel yang diambil sebanyak 27 siswa dari kelas VII-A. Pengumpulan data dilakukan melalui angket yang diisi oleh siswa sebelum dan setelah penerapan aplikasi Quizizz. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa. Data yang diperoleh dari angket menunjukkan peningkatan minat belajar yang signifikan setelah penerapan aplikasi Quizizz. Siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar PPKn ketika menggunakan aplikasi ini dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, termasuk dukungan dari guru, lingkungan belajar yang positif, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil ini sejalan dengan teori-teori pendidikan yang menyatakan bahwa media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada sekolah untuk lebih memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, serta memberikan pelatihan kepada guru mengenai cara menggunakan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan menarik bagi siswa. Data yang diperoleh dari pengaruh antara variabel x ke variabel y sebesar 22% |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/29085 |
| Appears in Collections: | Pancasila and Civic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI AFRANISHA.pdf | Full Text | 2.53 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.