Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29080
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNAZWA, ZAFIRA ALYA-
dc.date.accessioned2025-10-15T03:05:43Z-
dc.date.available2025-10-15T03:05:43Z-
dc.date.issued2025-09-13-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29080-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di sebuah SMA dengan jumlah 50 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, tes pemecahan masalah matematika berupa pre-test dan post-test, serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah penerapan model TSTS. Rata-rata skor pre-test sebesar 32,50 meningkat menjadi 52,10 pada post-test siklus I, dan mencapai 75,50 pada post-test siklus II. Selain itu, model pembelajaran ini berhasil meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI. iien_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectpembelajaran kooperatifen_US
dc.subjectTwo Stay Two Stray (TSTS), pemecahanen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Zafira Alyaa - 28 September 2025 (1).pdfFull Text1.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.