Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29016
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVIRDY, RIZKY PJT-
dc.date.accessioned2025-10-13T03:30:24Z-
dc.date.available2025-10-13T03:30:24Z-
dc.date.issued2025-08-23-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/29016-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjungbalai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Korelasi Pearson (Product Moment) yang diolah melalui software IBM SPSS Statistics. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pretest dan posttest kepada seluruh populasi yang terdiri dari 31 siswa. Selain itu, data yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk memastikan keabsahan instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64,6% siswa yang menggunakan media sosial secara bijak dan untuk kepentingan edukatif cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Sebaliknya, 35,4% siswa yang menggunakan media sosial secara berlebihan untuk hal-hal non-edukatif mengalami penurunan motivasi dan konsentrasi dalam belajar. Temuan ini mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara pola penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang nyata terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, baik dalam aspek positif maupun negatif, tergantung pada intensitas dan tujuan penggunaannya.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TANJUNGBALAIen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Pancasila and Civic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI VIRDY RIZKY PJT TREASURE FIX.pdfFull Text2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.