Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/29009
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUANVIDEO INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK PAB 2 MEDAN HELVETIA
Authors: DARI, AZRINA WULAN
Keywords: Model Kooperatif Pembelajaran Jigsaw;Video interaktif
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitiann ini berangkat dari minimnya kemampuan siswa dalam menafsiri teks negosiasi akibat penggunaan metode konvensional yang kurang interaktif serta minimnya keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dipadukan dengan media video interaktif terhadap pemahaman teks negosiasi siswa kelas X SMK PAB 2 Medan Helvetia. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental) melalui model One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen berupa soal pilihan ganda diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan, yakni rata-rata nilai siswa pada pretest sebesar 57,28 meningkat menjadi 82,88 pada posttest. Uji normalitas memperlihatkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, sehingga uji-t dapat digunakan. Hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan video interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks negosiasi. Model yang ditampung dalam pengkajian ini dijadikan sebagai jembatan strategi pembelajarani yang aktif, kolaboratif, dan menyokong dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMK
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29009
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI AZRINA WULAN DARI.pdfFull Text1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.