Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28992
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSERI, MURTABAT SIREGAR-
dc.date.accessioned2025-10-11T06:05:41Z-
dc.date.available2025-10-11T06:05:41Z-
dc.date.issued2025-09-13-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28992-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter prososial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam pembelajaran matematika. Karakter prososial, yang mencakup sikap tolong-menolong, empati, dan kerjasama, merupakan aspek penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dilaksanakan dalam beberapa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Kartika 1 2 Medan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan perubahan karakter prososial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara bertahap mampu meningkatkan karakter prososial siswa, ditandai dengan peningkatan sikap tolong-menolong, rasa empati, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang menekankan interaksi sosial dan tanggung jawab bersama efektif dalam mengembangkan nilai-nilai prososial pada siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKarakter Prososialen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Tipe STADen_US
dc.subjectPelajaran Matematikaen_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PROSOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SERI SIREGAR 101103.pdfFull Text759.11 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.