Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28992Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | SERI, MURTABAT SIREGAR | - |
| dc.date.accessioned | 2025-10-11T06:05:41Z | - |
| dc.date.available | 2025-10-11T06:05:41Z | - |
| dc.date.issued | 2025-09-13 | - |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28992 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter prososial siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam pembelajaran matematika. Karakter prososial, yang mencakup sikap tolong-menolong, empati, dan kerjasama, merupakan aspek penting dalam perkembangan kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dilaksanakan dalam beberapa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Kartika 1 2 Medan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas pembelajaran, kemudian dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan perubahan karakter prososial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara bertahap mampu meningkatkan karakter prososial siswa, ditandai dengan peningkatan sikap tolong-menolong, rasa empati, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa strategi pembelajaran yang menekankan interaksi sosial dan tanggung jawab bersama efektif dalam mengembangkan nilai-nilai prososial pada siswa. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Karakter Prososial | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD | en_US |
| dc.subject | Pelajaran Matematika | en_US |
| dc.title | UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER PROSOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Mathematics education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI SERI SIREGAR 101103.pdf | Full Text | 759.11 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.