Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28918
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCRATCH PADA TOPIK STATISTIKA DAN PENGOLAHAN DATA UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII |
Authors: | DINDA, ANNISYA |
Keywords: | Media Pembelajaran;Scratch;Statistika;Pemecahan Masalah |
Issue Date: | 13-Sep-2025 |
Publisher: | UMSU |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Scratch pada materi Statistika dan Pengolahan Data untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru matematika, serta siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, serta tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran berbasis Scratch yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase kelayakan di atas 90%; (2) uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 91,33% dengan kategori sangat praktis; (3) hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 58,75 meningkat menjadi 85 pada posttest, serta N-Gain sebesar 0,78 yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Scratch pada materi Statistika dan Pengolahan Data yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28918 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI DINDA ANNISYA FIXX.pdf | Full Text | 9.78 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.