Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28902
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFAHMI, ALIYAH-
dc.date.accessioned2025-10-08T01:26:59Z-
dc.date.available2025-10-08T01:26:59Z-
dc.date.issued2025-08-22-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28902-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI di SMA Budi Satrya Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan menyatakan ulang konsep, memberikan contoh, dan menerapkan konsep dalam penyelesaian masalah. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan video dan kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian dengan indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 83,20 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 77,80. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Dengan demikian, penerapan model PBL berbantuan video pembelajaran efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada materi Diagram Pencar.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectVideo Pembelajaranen_US
dc.subjectPemahaman Konsepen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI SMA BUDISATRYAMEDAN TP.2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi Lia ACC 123.pdfFull Text5.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.