Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28858
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di Smp Negeri 4 Medang Deras Tp.2024/2025
Authors: Khairunissa, Rahma
Keywords: Model pembelajaran Inkuiri;penalaran Matematis;Pembelajaran Matematika
Issue Date: 22-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes uraian yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji-t setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara nilai posttest kedua kelas, dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28858
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RAHMA KHAIRUNISSA_2102030018.pdfFull Text5.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.