Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28847
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLubis, Nova Pebriani-
dc.date.accessioned2025-10-04T09:53:37Z-
dc.date.available2025-10-04T09:53:37Z-
dc.date.issued2025-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28847-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan mengidentifikasi majas pada teks puisi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pretest-posttest one group design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan mengidentifikasi majas yaang dialkukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative learning (think-pair share). Tekhnik analisis data menggunakan standar deviasi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis Paired Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 59,41. Nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 40. Setelah diberikan perlakuan melalui model pembelajaran cooperative learning (Think-Pair-Share), nilai rata-rata postest meningkat menjadi 81,76 dengan tertinggi adalah 95, dan nilai terendah 70. Uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005, dengan nilai thitung 5,20 > ttable 1,69 (df = 33). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran cooperative learning (think-pair-share).en_US
dc.subjectModel Cooperative Learningen_US
dc.subjectemampuan Mengidentifikasi Majasen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning (Think-Pair-Share) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Majas Pada Teks Puisi Oleh Siswa Kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NOVA NEW.pdfFull Text5.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.