Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28847
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | Lubis, Nova Pebriani | - |
dc.date.accessioned | 2025-10-04T09:53:37Z | - |
dc.date.available | 2025-10-04T09:53:37Z | - |
dc.date.issued | 2025 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28847 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning (Think-Pair-Share) terhadap kemampuan mengidentifikasi majas pada teks puisi oleh siswa kelas X MAN 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pretest-posttest one group design. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan mengidentifikasi majas yaang dialkukan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative learning (think-pair share). Tekhnik analisis data menggunakan standar deviasi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis Paired Samples Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 59,41. Nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah 40. Setelah diberikan perlakuan melalui model pembelajaran cooperative learning (Think-Pair-Share), nilai rata-rata postest meningkat menjadi 81,76 dengan tertinggi adalah 95, dan nilai terendah 70. Uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005, dengan nilai thitung 5,20 > ttable 1,69 (df = 33). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran cooperative learning (think-pair-share). | en_US |
dc.subject | Model Cooperative Learning | en_US |
dc.subject | emampuan Mengidentifikasi Majas | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning (Think-Pair-Share) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Majas Pada Teks Puisi Oleh Siswa Kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2024/2025 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI NOVA NEW.pdf | Full Text | 5.35 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.