Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28731
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRITONGA, FARIDA HANUM-
dc.date.accessioned2025-10-02T02:59:15Z-
dc.date.available2025-10-02T02:59:15Z-
dc.date.issued2025-07-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28731-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Projeck Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas oleh siswa kelas VII SMP Pelita Medan,2) untuk mengetahui kemampuan menulis surat dinas tanpa menggunakan model pembelajarann Projeck Based Learning dalam menulis surat dinas, 3) untuk mengetahui pengaruh model Projeck Based Learning dalam menulis surat dinas. Dalam penelitian ini memiliki beberapa masalah yaitu : 1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas dengan menggunakan model pembelajaran Projeck Based Learning pada siswa kelas VII SMP Pelita Medan ,2) bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas tanpa menggunakan model pembelajaran Projeck Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII Pelita Medan, 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran projeck based learning dalam kemampuan siswa dalam menulis surat dinaspada siswa kelas VII Pelita Medan tahun pemebalajaran 2022-2023. Penelitian ini meruapakan penelitian kuantitatif dimana peneltian ini akan menghitung kemampuan menulis surat dinas. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII A dan VII B. Jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas kontrol dan 54 siswa kelas Eksperimen. Pada kelas kontrol terdapat nilai rata-rata 70,23 dan pada kelas eksperimen nilai rata-rata 92,31. Rincian nilai dalam kelas kontrol 56-70= 24 siswa (44%) dan nilai 40-55=30 siswa (55%). Sedangkan nilai pada eksperimen 86-100=44siswa (81,4%) dan nilai 71-85=10 siswa (18,5%). Hasil uhi hipotesis diperoleh � �ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 =12,67,selanjutnya harga 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ini dibandingkan taraf signifikan α=5% dengan Db=𝑛1 + 𝑛2 −2 = 106 maka diperoleh 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,983. Dapat diketahui bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 12,67 > 1,983 maha 𝐻𝑎 diterima dengan hipotesis ada pengaruh pembelajaran Projeck Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Pelita Medan tahun pembelajaran 2023-2024.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectProjeck Based Learningen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECK BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VII SMP PELITA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Farida Hanum Ritonga revisii akhir 4.pdfFull Text4.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.