Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28658
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRifki, Muhammad-
dc.date.accessioned2025-09-25T10:08:02Z-
dc.date.available2025-09-25T10:08:02Z-
dc.date.issued2025-07-22-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28658-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca cepat terhadap pemahaman teks prosedur oleh siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap teks prosedur yang dipengaruhi oleh rendahnya kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi berjumlah 800 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 32 orang, sekaligus menjadi sampel penelitian (sampling jenuh).Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan membaca cepat dan tes pemahaman teks prosedur. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment melalui bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data membaca cepat dan teks prosedur berdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,200 (>0,05). Hasil uji korelasi Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,948 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kemampuan membaca cepat dengan pemahaman teks prosedur.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca cepat terhadap pemahaman teks prosedur oleh siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dengan demikian, semakin tinggi kemampuan membaca cepat siswa, maka semakin tinggi pula pemahaman siswa terhadap teks prosedur yang dibaca. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menerapkan latihan membaca cepat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMembaca Cepaten_US
dc.subjectPemahaman Teks Proseduren_US
dc.subjectengaruhen_US
dc.subjectSiswa SMKen_US
dc.titlePengaruh Kemampuan Membaca Cepat terhadap Pemahaman Teks Prosedur oleh Siswa Kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIFKI FIX 01.1.pdfFull Text2.37 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.