Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28554
Title: | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP |
Authors: | AFRIZA, KHAIRUNI |
Keywords: | Media Pembelajran Interaktif;Web |
Issue Date: | 22-Aug-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada materi Aritmetika Sosial untuk kelas VII SMP YAPIM Mabar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Resesrch and Development) yang mengadaptasi model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate), namun dibatasi hingga tahap ketiga (Develop). Media dikembangkan menggunakan platfrom google sites dan dilengkapi dengan tujuan pembelajaran, E-Modul, video pembelajaran, serta LKPD yang disusun berdasarkan pendekatan kontekstual agar materi lebih mudah dipahami dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan. Penilaian dari ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 87,6% dan dari ahli materi sebesar 87,3%, keduanya berada pada kategori “Sangat Layak”. Uji coba terhadap 22 siswa kelas VII menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh respon sangat positif dengan skor rata-rata sebesar 88%, yang tergolong dalam kategori “Sangat Menarik”. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis web dengan pendekatan kontekstual ini layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aritmetika Sosial. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28554 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI (KHAIRUNI AFRIZA) 2102030012 (fix).pdf | Full Text | 6.56 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.