Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28514
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnggraini, Septi-
dc.date.accessioned2025-09-18T11:06:30Z-
dc.date.available2025-09-18T11:06:30Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28514-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Komik Matematika berbasis permainan tradisional pada materi kekongruenan, guna meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-4 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, soal pretest dan posttest, serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini: 1) peneliti telah menghasilkan Media Pembelajaran Komik Matematika berbasis permainan tradisional; 2) hasil penilaian Media Pembelajaran Komik Matematika dari ahli materi dengan presentase nilai 92,5% dengan kategori sangat valid, penilaian Media Pembelajaran Komik Matematika dari ahli media dengan presentase 80% dengan kategori valid; dan penilaian Media Pembelajaran Komik Matematika dari ahli bahasa dengan presentase 82% dengan kategori valid; 3) hasil uji coba pada kelas IX-4 melalui pretest dan posttest siswa menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep yang signifikan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7034 dan termasuk dalam kategori tinggi; 4) hasil uji coba penilaian pada kelas IX-4 melalui angket respon siswa dengan rata-rata presentase 89% dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, hasil postest siswa, dan respon siswa, maka Media Pembelajaran Komik Matematika yang dikembangkan valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran oleh siswa.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectKomik Matematikaen_US
dc.subjectPermainan Tradisional,en_US
dc.subjectKekongruenanen_US
dc.subjectPemahaman Konsepen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Kekongruenan Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP.en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI dan LAMPIRAN Septi Anggraini.pdfFull Text15.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.