Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28460
Title: HUBUNGAN KONTROL EMOSI TERHADAP RISIKO DEPRESI PADA SISWA BIMBINGAN BELAJAR RUANG GURU
Authors: NANDA, TIARA DWI
Keywords: kontrol emosi;cognitive reappraisal;expression suppression;risiko depresi;bimbingan belajar
Issue Date: 25-Jun-2025
Abstract: Pendahuluan: Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara kontrol emosi siswa dalam konteks bimbingan belajar dengan risiko depresi. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara kontrol emosi terhadap risiko depresi pada siswa bimbingan belajar Ruang Guru. Metode: desain penelitian menggunakan pendekatan analitik kuantitatif dengan jenis korelasional dan metode cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa yang mengikuti bimbingan belajar, dengan jumlah responden sebanyak 58 orang. Instrumen yang digunakan adalah Emotion Regulation Questionnaire for Children and Adolescents (ERQ-CA) dan Patient Health Questionnaire-9 (PHQ-9). Hasil: penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kontrol emosi strategi cognitive reappraisal berada pada kategori sedang pada 36 siswa (62,0%), dan expression suppression berada pada kategori sedang pada 40 siswa (69,3%). Risiko depresi pada siswa dengan kategori depresi ringan ditemukan pada 15 siswa (25,8%). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara cognitive reappraisal dan risiko depresi (p>0,05; r=-0,202). Namun, terdapat hubungan signifikan antara expression suppression dan risiko depresi (p<0,05; r=0,320). Kesimpulan: kontrol emosi, khususnya strategi expression suppression memiliki hubungan terhadap risiko depresi pada siswa bimbingan belajar.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28460
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TIARA DWI NANDA.pdf2.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.