Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28436
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAMADHAN, ARDIANTO DWI | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-16T04:06:35Z | - |
dc.date.available | 2025-09-16T04:06:35Z | - |
dc.date.issued | 2025-08-29 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28436 | - |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi aerodinamika adalah salah satu peranan penting dalam bidang penerbangan, otomotif, serta energi terbarukan seperti turbin angin. Salah satu elemen utama dalam aerodinamika adalah airfoil, yaitu bentuk profil sayap atau bilah pesawat yang dirancang untuk menghasilkan gaya angkat (lift) dan dorong (drag) saat udara mengalir di sekitarnya. Kinerja airfoil sangat dipengaruhi oleh bentuk geometrinya, kecepatan aliran udara, serta sudut serang (angle of attack). Indonesia memiliki kecepatan angin rata-rata 3-6 m/s yang didapatkan berdasarkan durasi kecepatan angin produktif setiap hari. Pengembangan turbin angin dengan menggunakan bilah (airfoil) untuk model kecepatan angin rendah perlu terus dilakukan guna meningkatkan efisiensi daya yang dihasilkan serta kapasitas awal yang lebih baik dan optimal. Metode eksperimental telah dilakukan menggunakan windtunnel dengan menggunakan aifoil NACA 2412 sesuai titik koordinat dari NACA. Penelitian ini dilakukan metode eksperimen pada airfoil windtunnel. Sudut serang 0° Cl dan Cd menurun secara konsisten seiring bertambahnya kecepatan. Sudut serang 5° Cl dan Cd turun tajam dari 2 ke 4 m/s, namun kemudian fluktuatif di kecepatan 5 dan 6 m/s. Terjadi kenaikan kembali Cl pada 5–6 m/s, sementara Cd juga berfluktuasi. Cl/Cd tertinggi di 4 m/s, menunjukkan kecepatan ini sebagai titik efisiensi maksimum. Sudut 6° sangat ekstre & kemungkinan tidak realistis). Nilai Cl dan Cd sangat tinggi terutama pada kecepatan rendah (2 m/s), jauh di luar rentang wajar. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | NACA 2412 | en_US |
dc.subject | Koefisien Angkat | en_US |
dc.title | ANALISIS COEFFISIENT DRAG DAN COEFFISIENT LIFT AIRFOIL NACA 2412 DENGAN VARIASI SUDUT SERANG DAN KECEPATAN ANGIN MENGGUNAKAN WIND TUNNEL | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mechanical Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SIDANG ARDI.pdf | Full Text | 1.9 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.