Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28436
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAMADHAN, ARDIANTO DWI-
dc.date.accessioned2025-09-16T04:06:35Z-
dc.date.available2025-09-16T04:06:35Z-
dc.date.issued2025-08-29-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28436-
dc.description.abstractPerkembangan teknologi aerodinamika adalah salah satu peranan penting dalam bidang penerbangan, otomotif, serta energi terbarukan seperti turbin angin. Salah satu elemen utama dalam aerodinamika adalah airfoil, yaitu bentuk profil sayap atau bilah pesawat yang dirancang untuk menghasilkan gaya angkat (lift) dan dorong (drag) saat udara mengalir di sekitarnya. Kinerja airfoil sangat dipengaruhi oleh bentuk geometrinya, kecepatan aliran udara, serta sudut serang (angle of attack). Indonesia memiliki kecepatan angin rata-rata 3-6 m/s yang didapatkan berdasarkan durasi kecepatan angin produktif setiap hari. Pengembangan turbin angin dengan menggunakan bilah (airfoil) untuk model kecepatan angin rendah perlu terus dilakukan guna meningkatkan efisiensi daya yang dihasilkan serta kapasitas awal yang lebih baik dan optimal. Metode eksperimental telah dilakukan menggunakan windtunnel dengan menggunakan aifoil NACA 2412 sesuai titik koordinat dari NACA. Penelitian ini dilakukan metode eksperimen pada airfoil windtunnel. Sudut serang 0° Cl dan Cd menurun secara konsisten seiring bertambahnya kecepatan. Sudut serang 5° Cl dan Cd turun tajam dari 2 ke 4 m/s, namun kemudian fluktuatif di kecepatan 5 dan 6 m/s. Terjadi kenaikan kembali Cl pada 5–6 m/s, sementara Cd juga berfluktuasi. Cl/Cd tertinggi di 4 m/s, menunjukkan kecepatan ini sebagai titik efisiensi maksimum. Sudut 6° sangat ekstre & kemungkinan tidak realistis). Nilai Cl dan Cd sangat tinggi terutama pada kecepatan rendah (2 m/s), jauh di luar rentang wajar.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectNACA 2412en_US
dc.subjectKoefisien Angkaten_US
dc.titleANALISIS COEFFISIENT DRAG DAN COEFFISIENT LIFT AIRFOIL NACA 2412 DENGAN VARIASI SUDUT SERANG DAN KECEPATAN ANGIN MENGGUNAKAN WIND TUNNELen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SIDANG ARDI.pdfFull Text1.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.