Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28423
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSaputri, Hera Octavia-
dc.date.accessioned2025-09-16T03:45:50Z-
dc.date.available2025-09-16T03:45:50Z-
dc.date.issued2025-08-11-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28423-
dc.description.abstractPendahuluan: Interprofessional Education (IPE) merupakan pendekatan pembelajaran kolaboratif antar profesi kesehatan yang bertujuan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui kerja sama tim multidisiplin. Implementasi IPE di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) saat ini dilakukan melalui dua metode, yakni berbasis masyarakat dan diskusi tutorial. Namun, belum tersedia data yang menggambarkan persepsi mahasiswa terhadap kedua model pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa FK UMSU terhadap pelaksanaan IPE berbasis masyarakat dan diskusi tutorial, serta menganalisis perbedaannya. Metode: Penelitian ini merupakan studi deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 144 mahasiswa preklinik FK UMSU, terdiri dari angkatan 2021 dan 2023, yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS) yang dimodifikasi. Data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa terhadap kedua metode pembelajaran. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi kategori sedang terhadap IPE, baik berbasis masyarakat maupun diskusi tutorial. Persepsi komponen kompetensi dan otonomi, kebutuhan bekerja sama, serta persepsi tentang bekerja sama yang sesungguhnya memiliki rerata nilai yang relatif serupa. Uji Mann Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan persepsi mahasiswa terhadap kedua metode IPE dengan nilai p=0,562. Kesimpulan: Hasil ini mengindikasikan bahwa kedua metode pembelajaran memberikan pengalaman kolaboratif yang sebanding bagi mahasiswa, artinya perlu paparan dan pengalaman yang setara agar menjadi pengalaman belajar yang bermakna.en_US
dc.subjectInterprofessional Educationen_US
dc.subjectPersepsi Mahasiswaen_US
dc.subjectDiskusi Tutorialen_US
dc.subjectMasyarakaten_US
dc.titlePERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA TERHADAP INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) BERBASIS MASYARAKAT DAN DISKUSI TUTORIALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Hera Octavia Saputri.pdf2.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.