Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28354
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUSYRIFAH, FITRI-
dc.date.accessioned2025-09-11T12:25:58Z-
dc.date.available2025-09-11T12:25:58Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28354-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Livewoorksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MA Muhammadiyah 1 Medan. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok kecil dari siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Medan yang berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan berupa E-LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning pada pokok bahasan SPLDV. Model Pengembangan E LKPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan eveluasi (evaluation). E-LKPD yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi mate l ri mempe l role l h skor rata-rata yaitu 3,35 dan pe l rse l ntase l ri yaitu 83,75℅ dan hasil validasi me l dia mempe l role l h skor yaitu validan mate l ntase l rse l 3,76 dan pe l lembar angke l validan me l ke l dia yaitu 94,23℅. Adapun hasil uji ke l praktisan E-LKPD dapat dilihat dari hasil le l mbar angke l t re l spon pe l se l rta didik. Dari hasil rta didik di ke l las XI MA Muhammadiyah 1 Medan yang se l spon pe l t re l be l rjumlah 30 orang pe l se l rta didik diperoleh nilai ke l se l luruhan angke l t yaitu 88,95℅. fe l e l Uji ke l ktifan E-LKPD dapat dilihat dari (1) ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal yaitu minimal 85% siswa yang me l ngikuti pe l mbe l lajaran mampu me l ncapai skor minimal 75,(2) ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran 75%, dan (3) waktu mbe l pe l lajaran. Diperoleh data ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal dari hasil mampuan be l ke l rpikir kritis mencapai 100%, ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran ngan krite l rcapai de l te l rbe l pe l ria >75 % dari skor maksimum tiap butir, dan tidak te l rdapat daan antara pe l ncapaian waktu pe l mbe l lajaran. E-LKPD berbasis problem based learning untuk hasil tels kelmampuan pemecahan masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa me l ningkat yaitu 17 orang me l mpe l role l h hasil krite l ria tinggi (g > 0,7) dan 13 orang siswa me l mpe l role l h hasil krite l ria se l dang (g < rdasarkan pe l 0,7). Be l me l rhitungan N-Gain dapat dikatakan bahwa pe l nggunaan E LKPD berbasis problem based learning “Sangat EL fe l ktif” digunakan untuk ningkatkan ke l mampuan be l rpikir kritis siswa XI MA Muhammadiyah 1 Medan.en_US
dc.subjectPengembangan E-LKPDen_US
dc.subjectProblem Based Learning,en_US
dc.subjectLivewoorksheet. SPLDVen_US
dc.titlePENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LIVEWOORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 1 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Musyripah.pdfFull Text14.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.