Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28353
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | WENI INDRIA, NINGSI | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-11T12:23:04Z | - |
dc.date.available | 2025-09-11T12:23:04Z | - |
dc.date.issued | 2025-08-07 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28353 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap Pengembangan LKPD Berbasis BBL Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret. Adapun subjek dalam penelitian adalah sekelompok kecil dari siswa kelas X SMAN 1 Aek-Kuo yang berjumlah 30 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah bahan berupa LKPD Berbasis BBL Menggunakan Permainan Teka-Teki Silang pada pokok bahasan Barisan dan Deret. Model Pengembangan LKPD yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan eveluasi (evaluation). LKPD yang telah dibuat memenuhi kriteria kevalidan dengan menggunakan lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi mate l ri mempe l role l h skor rata-rata yaitu 3,78 dan pe l rse l ntase l ke l validan mate l ri yaitu 94,5%. Pada validasi me l dia han skor yaitu 3,84 dan pe l rse l ntase l ke l validan me l dia yaitu 96%. Adapun hasil role l uji ke l praktisan LKPD dapat dilihat dari hasil le l mbar angke l t re l spon pe l se l rta didik. Dari hasil lembar angke l t re l spon pe l se l rta didik di ke l las X SMAN 1 Aek-Kuo yang berjumlah 30 orang pe l se l rta didik diperoleh nilai ke l se l luruhan angke l t yaitu 89,75%. fe l e l Uji ke l ktifan LKPD dapat dilihat dari (1) ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal yaitu minimal 85% siswa yang me l ngikuti pe l mbe l lajaran mampu me l ncapai skor minimal 75,(2) ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran 75%, dan (3) waktu mbe l pe l lajaran. Diperoleh data ke l tuntasan be l lajar siswa se l cara klasikal dari hasil mampuan be l ke l rpikir kritis mencapai 100%, ke l te l rcapaian tujuan pe l mbe l lajaran ngan krite l rcapai de l te l rbe l pe l ria >75 % dari skor maksimum tiap butir, dan tidak te l rdapat daan antara pe l ncapaian waktu pe l mbe l lajaran. LKPD berbasis BBL untuk hasil mampuan be l s ke l te l krite l rpikir kritis siswa me l ningkat yaitu 15 orang me l mpe l role l h hasil ria tinggi (g > 0,7) dan 15 orang siswa me l mpe l role l h hasil krite l ria se l dang (g < rdasarkan pe l 0,7). Be l “Sangat EL fe l rhitungan N-Gain dapat dikatakan bahwa pe l nggunaan LKPD ktif” digunakan untuk me l ningkatkan ke l mampuan be l rpikir kritis siswa X SMAN 1 Aek-Kuo | en_US |
dc.subject | Pengembangan LKPD, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Barisan dan Deret. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BBL MENGGUNAKAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi WENI INDRIA NINGSI.pdf | Full Text | 9.64 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.