Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28290
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PUSPITA, NADRA | - |
dc.date.accessioned | 2025-09-09T04:15:21Z | - |
dc.date.available | 2025-09-09T04:15:21Z | - |
dc.date.issued | 2025-07-17 | - |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/handle/123456789/28290 | - |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran KOMAT (komik matematika) berbasis problem based leaning yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan R&D (Research and Development) dengan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian adalah 30 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pulau Rakyat, dengan objek penelitian berupa media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) berbasis Problem Based Learning pada materi peluang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media komat ( komik matematika) yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid oleh ahli materi dengan nilai presentase 95 %, dari ahli media dengan nilai presentase 97 % dengan kategori sangat valid , dan dari ahli bahasa dengan nilai presentase 93% dengan kategori sangat valid, serta dari hasil uji coba pada kelas IX melalui pre-test sebelum menggunakan media KOMAT ( Komik Matemtika) dengn nilai presentase 44%, kemudian dilakukan uji coba pos-test setelah menggunakan media KOMAT (Komik Matematika) dengan nilai presentase 88% dengan kategori tuntas. Hasil uji coba penilaian pada kelas IX melalui angket respon peserta didik dengan nilai presentase 94 % dengan kategori sangat efektif. Dari hasil penilai ahli materi. Ahli media, ahli bahasa, hasil pos-test, dan respon peserta didik, maka media pembelajaran KOMAT (Komik Matematika) yang dikembangkan valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Pengembangan Media | en_US |
dc.subject | KOMAT ( Komik Matematika) | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN MEDIA KOMAT (KOMIK MATEMATIKA) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKIRIPSI NADRA PUSPITA 121219781.pdf | Full Text | 9.85 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.