Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28268
Title: | PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PELUANG UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA |
Authors: | HARAHAP, VINA FAUZIAH |
Keywords: | Modul;Pendekatan RME |
Issue Date: | 7-Aug-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul yang berlandaskan pada pendekatan RME pada topik peluang. Penilaian produk pengembangan dievaluasi berdasarkan kevalidannya, kepraktisan dan kelayakan. Prosedur pengembangan modul didasarkan pada model 4-D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Subjek yang terlibat pada riset ini adalah murid kelas VIII di SMP Swasta Mulia Hamparan Perak. Instrumen (alat ukur) yang di pakai dalam mengembangkan modul yaitu modul yang telah di evaluasi oleh para pakar, tes hasil belajar (evaluasi) guna mengetahui tingkat kelayakan modul hasil pengembangan yang diperuntukkan untuk dipakai murid dan aspek kepraktisan dinilai berdasarkan lembar angket respon siswa. Modul yang telah disusun memenuhi kriteria validitas sesuai dengan penilaian para validator, yang ditunjukkan melalui penggunaan lembar validasi dari pakar materi dan pakar media memperoleh 88,23% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mencapai skor 85,6% dengan kategori sangat valid. aspek kepraktisan memperoleh persentase nilai keseluruhan angket yaitu 88,3% dan tes hasil belajar jika dipresentasikan memperoleh 95% siswa yang mencapai ketuntasan menandakan bahwa modul ini layak dipakai oleh murid pada topik peluang. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28268 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI VINA FIXXXX.pdf | Full Text | 13.1 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.