Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28260
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP
Authors: Inasha, Yulia
Keywords: Learning Cycle;Mind Mapping
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dengan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi matematika, khususnya konsep himpunan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran dan kurangnya penggunaan media yang mendukung pemahaman konsep secara menyeluruh. Model Learning Cycle terdiri dari beberapa tahapan eksplorasi, penjelasan, dan elaborasi yang memungkinkan siswa membangun sendiri pemahamannya. Sementara itu, Mind Mapping digunakan sebagai media bantu visual untuk memperkuat pemahaman konsep dan keterkaitan antar materi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII salah satu SMP di [nama kota/kabupaten], yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang terdiri dari soal pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle dengan media Mind Mapping. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle yang dipadukan dengan media Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMP.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28260
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_Yulia_Inasha fix.pdfFull Text2.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.