Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28259
Title: KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TRIGONOMETRI PADA SISWA SMA
Authors: HIDAYAH, MUKMINATU NURUL
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif;Scratch
Issue Date: 7-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dalam meningkatkan pemahaman trigonometri siswa SMA. Trigonometri merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari siswa SMA kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dan kelompok control yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data pemahaman trigonometri siswa dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah pembelajaran (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman trigonometri antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch menunjukkan peningkatan pemahaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajan interaktif berbasis Scratch efektif dalam meningkatkan pemahaman trigonometri siswa SMA. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran trigonometri di SMA. Guru matematika disarankan untuk memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis Scratch sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi trigonometri.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28259
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL FIX_merged (1)_organized.pdfFull Text6.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.