Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/28258
Title: | ANALISIS PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PROSES PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA DI SMA |
Authors: | Agustin, Sylvi |
Keywords: | Photomath;Artificial Intelligence |
Issue Date: | 7-Aug-2025 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) yaitu Photomath sebagai media pembelajaran dalam membantu proses penyelesaian soal matematika di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Photomath merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi AI untuk memindai dan menyelesaikan soal matematika secara instan, sekaligus memberikan langkah-langkah penyelesaian yang sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada siswa dan guru matematika di beberapa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Photomath memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa, meningkatkan minat belajar, serta membantu dalam pembelajaran mandiri. Namun, terdapat pula kekhawatiran mengenai potensi ketergantungan siswa terhadap aplikasi ini tanpa memahami konsep secara mendalam. Oleh karena itu, peran guru dalam membimbing dan mengarahkan penggunaan teknologi ini secara bijak sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tetap tercapai secara optimal. |
URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28258 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Sylvi Agustin_FIX (2).pdf | Full Text | 5.54 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.