Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28257
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorYASINTA, YAYANG-
dc.date.accessioned2025-09-02T03:26:38Z-
dc.date.available2025-09-02T03:26:38Z-
dc.date.issued2025-08-07-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28257-
dc.description.abstractPermasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta Pelita Medan, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). disebabkan oleh kurangnya antusiasme siswa, minimnya interaksi dalam pembelajaran, dan penggunaan model pembelajaran konvensional yang tidak interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IX-A SMP Swasta Pelita Medan guna mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa, menganalisis aktivitas belajar matematika siswa, dan mengetahui respons siswa terhadap model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (Mixed Method), mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih valid dan objektif. Lokasi penelitian adalah SMP Swasta Pelita Medan, dengan sampel 20 siswa kelas IX-A. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes (pretest dan posttest). Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (posttest), lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP i dengan deskripsi bahwa Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual mencapai rata rata 84,7% dan secara klasikal 90%, yang termasuk dalam kategori 'sangat baik' dan 'efektif'. Aktivitas belajar siswa mencapai 77% dengan kriteria “Aktif”' . Respons siswa terhadap pembelajaran juga positif, mencapai 80% dengan kriteria “Aktif'”. Secara keseluruhan, keefektifan pembelajaran mencapai rata-rata 81,45% dan berada pada kategori “efektif”. TGT merupakan alternatif model pembelajaran yang berhasil dan dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectTEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)en_US
dc.subjectKeefektifan Pembelajaranen_US
dc.titleANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TEAM’S GAMES TOURNAMENT PADA SISWA SMPen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YAYANG YASSINTA-SKRIPSI-FINAL.pdfFull Text3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.